Nyala api lilin ternyata mengandung jutaan partikel berlian!

22 Agustus 2011

segolecep.blogspot.com

Cahaya lilin yang berpendar rupanya tak hanya menjadi penghias dinner anda dengan orang yang anda sayangi, karena ternyata ada hal misterius dibaliknya, yaitu nyala api lilin yang ternyata mengandung jutaan partikel berlian!

Para ilmuwan menunjukkan, api lilin ternyata menghasilkan jutaan berlian dengan partikel yang sangat kecil. Bagaimana bisa?

Kurang lebih 1,5 juta berlian tercipta tiap detiknya. Namun bagi mereka yang berpikiran mendapat keuntungan dari ini harus kecewa. Pasalnya, permata ini berukuran sangat kecil hingga butuh 300 ribu berlian ini untuk bisa menjadi pin rambut.

Lebih parah lagi, berlian ini akan langsung menghilang dalam sekejap mata. Temuan ini bisa terjadi berkat tantangan ilmuwan dari St Andrews University yang menantang untuk mencari tahu terbuat dari apa api lilin.

Profesor kimia Wuzong Zhou mengatakan, ""Seorang rekan dari universitas lain mengatakan, tak ada orang tahu terbuat dari apa api lilin. Kemudian saya bilang sains bisa menjelaskan semuanya."

Sejak itu, profesor kimia ini memutuskan untuk mencari tahunya.

Kemudian, profesor ini menciptakan alat penyaring yang memungkinkan partikel bisa diekstrak dari pusat api yang suhunya mencapai 1.400 C kemudian menelitinya. Mengejutkannya, ia malah menemukan karbon dari lilin membentuk empat jenis karbon murni, termasuk berlian dan grafit atau pembuat pensil.

Temuan ini sebenarnya telah lama diramalkan oleh Michael Faraday, yaitu kurang lebih 150 tahun yang lalu. Hanya saja baru bisa dibuktikan pada saat ini ketika teknologi telah berkembang dan semakin canggih.



sumber:http://spektrumdunia.blogspot.com/2011/08/nyala-api-lilin-ternyata-mengandung.html
Share this article on :
 
© Copyright 2010-2011 Kumpulan Gambar | Video | Aneh | Unik | Lucu - SegoLecep.blogspot.com All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free Free Automatic Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink